Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi dengan LKS Berbasis Drill and Practice pada Materi Hidrolisis untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Analisis

Ridho Rahmadji, Mohammad Masykuri, Elfi Susanti VH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan kemampuan analisis siswa pada materi pokok Hidrolisis menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi media LKS berbasis Drill and Practice. Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penilitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 34 siswa.Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, wawancara, kajian dokumen, dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi media LKS berbasis Drill and Practice dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan kemampuan analisis siswa pada materi hidrolisis. Ketuntasan belajar kognitif siswa pada siklus Iadalah 58,82% meningkat menjadi 79,41% pada siklus II.Ketuntasan aspek afektif 94% pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II. Ketuntasan aspek psikomotor sebesar 80% pada siklus I. Sedangkan ketuntasan kemampuan analisis siswa sebesar 50% pada siklus I meningkat menjadi 70,58% pada siklus II.

Keywords

team assisted individualization; LKS drill and practice; prestasi belajar; kemampuan analisis; hidrolisis

Full Text:

PDF

References

Sudjana, N. (1996). Metoda Statis-tika. Bandung: Tarsito.

Badan Standar Nasional Pendidi-kan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pen-didikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departe-men Pendidikan Nasional.

Arikunto, S, Suhardjono, & Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga University Press.

Nneji, L. (2011). Impact of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies Students Achievement in Basic Science in The North Central Zone of Nigeria. Knowledge Review, 23(4), 1-8.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik Terj. Nurlita Yusron. Bandung : Nusa Media.

Shillahaque, G.P., Mulyani, B., Agustina W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Indivi-dualization (TAI) dengan Media Key-Relation Chart (KR-Chart). Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 1-7.

Awofala, A.O.A., Arigbabu, A.A., Awofala, A.A. (2013). Acta Didactica Napocensia, 6 (1), 1-22.

Sharon. (2005). Ideologies, Practice, and Their Implication for Special Education. Journal of Special Education, 2005, vol. 28, 44-56.

Miles, M., & Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif Terj. Cecep Rohendi Effendi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Terj. Sonny Keraf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.