Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Keimanan untuk MA dan SMA-IT

Herdika Thio Firmansyah, Elfi Susanti VH, Sulistyo Saputro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan buku ajar kimia berbasis keimanan untuk MA dan SMA-IT serta (2) mengetahui kelayakan buku ajar kimia berbasis keimanan untuk MA dan SMA-IT. Dalam penelitian ini dikembangkan buku ajar berbasis keimanan mengikuti langkah Borg dan Gall (1983) serta mengadaptasi nilai keimanan dari Zarman (2012) yaitu (1) menyebutkan asma Allah ke dalam kalimat yang dianggap tidak mengkui eksistensi-Nya dalam penciptaan atau pengaturan objek di materi kimia, (2) menghubungkan temuan ilmiah dalam kimia dengan ayat Alquran dan Hadis yang terkait, (3) mencantumkan amalan yang terkait dengan materi setelah mempelajarinya (4) mencantumkan ilmuwan muslim yang berpengaruh di bidang kimia, dan (5) mencantumkan adab-adab dalam menuntut ilmu kimia. Hasil dari penelitian ini yaitu buku ajar kimia berbasis keimanan yang telah dikembangkan layak dengan digunakan dalam proses pembelajaran kimhad di MA maupun SMA-IT dengan predikat bagus.

 

Keywords

pengembangan; buku ajar kimia; keimanan

Full Text:

PDF

References

Devetak, I., and Vogrinc, J., “The Criteria for Evaluating the Quality of the Science Textbooks” in Critical Analysis of Science Textbooks. Eds. Khine, M.S., Springer, Dordrecht, 2013, 3-13.

Martínez-Gracia, M. V., Gil-Quílez, M. J., & Osada, J., Analysis of Molecular Genetics Content in Spanish Secondary School Textbooks, 2006, Jurnal of Biological Education, 35-60.

White, R.T., 1988, Learning Science, Oxford, Basil Blackwell.

Altbach, P.G., 1987, “Textbook in Comparative Context” in Comparative and International Education Series : Educational Technology-Its Creation, Development, end Cross Cultural Transfer. Ed. Murray, T.R., and Kobayashi, V.N., Pergamon Press.

Brown, T.L., Le May Jr, H.E., and Bursten, B.E., 1997, Chemistry the Central Science, New Jersey, Prentice Hall Internasional Inc.

Chang, R., and Overby, J., 2003, General Chemistry : The Essential Consepts, New York, McGraw-Hill.

Al-Attas, S.M.N., 1995, Islam dan Filsafat Sains, Bandung, Mizan.

Zarkasyi, H.F., “Islamic Worldview sebagai Paradigma Sains Islam” in Islamic Science : Paradigma, Fakta, dan Agenda. Eds. Arif, S., Jakarta, Insist, 2016, 1-25.

Borg, W.R., and Gall, M.G., 1983, Educational Research: An Introduction (5th ed), New York, Longman

Zarman, W., 2012, Studi Pengembangan Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Berbasis Nilai Keimanan, Disertasi, Bogor, Program Pascasarsajana Universitas Ibn Khaldun.

Viana, H.E.B., and Porto, P.A., “The development of Dalton’s atomic theory as a case study in the history of science: Reflections for educators in chemistry,” Sci. Educ., vol. 19, no. 1, 75-90, 2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.