Upaya Peningkatan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Guguh Nomilasari, Bakti Mulyani, Sri Retno Dwi Ariani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Sumber data dari guru dan siswa, teknik pengumpulan data berupa tes,observasi,angket dan wawancara. Teknik analisis adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I persentase kemampuan analisis siswa dengan kategori tinggi sebesar 67,65% dan pada siklus II mencapai 85,29%. Kemudian hasil prestasi belajar pada aspek pengetahuan, siklus I mencapai persentase ketercapaian sebesar 70,59% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,24%. Pada aspek sikap, siswa dengan kategori sikap baik dan sangat baik mencapai persentase 61,76% dan 38,24% pada siklus I, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yaitu 26,47% dan 73,53%. Pada aspek keterampilan persentase ketercapaian pada siklus I yaitu sebesar 82,35%.

Keywords

kelarutan dan hasil kali kelarutan; kemampuan analisis; penelitian tindakan kelas; prestasi belajar; problem based learning

Full Text:

PDF

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Indrayani, P. 2013, Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.

Sirhan, G.,200,Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2–20.

Afcariono, M., 2008, Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2), 65–68.

Sutama, 2010, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Surakarta, Fairuz Media.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabeta.

Agustina, R. P., Ashadi, dan Mulyani, B. , 2017, Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 144–153.

Desnylasari, E., Mulyani, S., dan Mulyani, B., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134–142.

Oktaviana, I. A., Saputro, A. N. C., dan Utami, B. 2016 .Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 143–152.

Sawitri, R. N., Setyowati, W. A. E., & Mulyani, B., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 103–108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.