Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018

Reti Prabaraita Nurisah, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Nurma Yunita Indriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa pada materi konsep mol kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terbagi 4 tahap antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini yang bertindak sebagai subjek adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, angket, serta tes. Data bersumber dari guru dan siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS pada materi konsep mol dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa serta telah mencapai target baik aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Persentase ketercapaian kemampuan analisis siswa yang dihasilkan sebesar 75% pada siklus II. Persentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan siklus II sebesar 75%. Persentase ketercapaian aspek sikap pada siklus I yaitu 100%, sedangkan besarnya persentase ketercapaian aspek keterampilan siklus I yaitu 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; discovery learning; kemampuan analisis; prestasi belajar; konsep mol

Full Text:

PDF

References

PISA, 2016, PISA 2015 Results in Focus, OECD, 16. Diperoleh pada 26 Desember 2017 dari https://doi.org/10.1787/9789264266490-en.

Schmidt, H.J. & Jignéus, Cecilia, 2003, Chemistry Education: Research and Practice, 4(3), 305–317.

Kurniawati, Desi., Masykuri, M., & Saputro, S., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 88–95.

P, Yosia P. D., Mulyani, B. & Utami, B., 2016, Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 1–8.

Facione, P. A., 1990, The California Academic Press, 423(c), 1–19.

Kusumah, W & Dwitagama, D., 2010, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua, Jakarta: PT Indeks.

Balım, Ali Günay., 2009, Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal Educational Resaarch, (35), 1–20.

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maratusholihah, N. F. & Novita D., 2014, UNESA Journal of Chemical Education, 3(1), 48–53.

Sutama, 2010, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D, Surakarta: Fairuz Media.

Arikunto, S., 2011, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Gupta, T., dkk., 2014, Journal of Chemical Education, 92(1), 32-38.

Suryani, L. B., Saputro, A. N. C. & Martini, K. S., 2015, Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 186–192.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.