Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Media Diagram V untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2017/2018

Luthfiya Dinda, Budi Utami, Sulistyo Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketercapaian sikap ilmiah siswa pada pra-siklus adalah 31,14%, pada siklis I meningkat menjadi 82,86%. Persentase ketuntasan siswa untuk aspek pengetaahuan pada siklus I adalah 40%, kemudian meningkat menjadi 71% pada siklus II. Ketuntasan aspek sikap pada siklus I sebesar 91,43%. Ketuntasan aspek keterampilan pada siklus I sebesar 85,71%.

Keywords

inkuiri terbimbing; diagram V; hidrolisis garam; prestasi belajar; sikap ilmiah

Full Text:

PDF

References

Goldberg, D. E., 2003, Kimia Untuk Pemula, Erlangga, Jakarta.

Anwar, H., 2009, Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5), 103-114.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F., 2017, International Journal of Research and Review, 4(5).

Almuntasheri, S., Gillies, R. M., & Wright, T., 2016, Science Education International, 27(1), 16-39.

Dahar, R. W., 2011, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Erlangga, Jakarta.

Mulyasa, D., 2011, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Vlassi, M., Karaliota, A., 2013, Proceedings Social and Behavioral Sciences 98, 494-497.

Dewi, N. L., Dantes, N., Sadia, I. W., 2013, PENDASI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1).

Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Kurniasari, A. W., Setyowati, W. A. E., & Utomo, S. B., Jurnal Pendidikan Kimia, 2016, 5(4), 98-105.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.