Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Modul Dilengkapi Penugasan Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Mol Kelas X MIPA 3 Semester Genap Di SMA Negeri 5 Surakarta

Rahma Ayuningtyas, Endang Susilowati, Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan modul dilengkapi mind mapping pada materi konsep mol. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5  Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi konsep mol kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I persentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap, aspek keterampilan, dan kreativitas masing-masing adalah 34%; 100%; 100% dan 47%. Pada siklus II, masing-masing persentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan dan kreativitas meningkat menjadi 66% dan 78%.

Keywords

discovery learning; modul; mind mapping; prestasi belajar; kreativitas; konsep mol

Full Text:

PDF

References

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yanti, D.F., Afandy, D., & Su’aidy, M. (2013). Identifikasi Pemahaman Materi Perhitungan Kimia (Stoikiometri) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Malang . 2 (1), 1-6.

Metler, C.A. (2014). Action Research: Improving Schools and Empowering Educators. California: Sage Publications, Inc.

Wenning, C.J. (2011). The Levels of Inquiry Model Of Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 6 (2), 9-16.

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Rudyanto, H.E. (2014). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum. 4 (1), 41-48.

Udo, M E. (2010). Effect of Guided-Discovery, Student-Centred Demonstration and the Expository Instructional Strategies on Students Performance in Chemistry. An International Multi Disciplinary Journal, Ethiopia. 4 (4), 389-398.

Sugiarto, I. (2004). Mengoptimal-kan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistic dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Puspitadewi, R., Agung, N.C.S, & Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5 (4), 114-119.

Vahlia, Ira. (2014) Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 3 (2), 43-54.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.