Upaya Peningkatan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving yang Dilengkapi dengan LKS Berbasis Drill and Practice pada Materi Hidrokarbon Kelas X-6 Semester Genap Di SMA Negeri Kebakkramat

Mukti Aulia Ulfah, Endang Susilowati, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri Kebakkramat pada materi hidrokarbon dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi  dengan LKS berbasis drill and practice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi  dengan LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon. Peningkatan rasa ingin tahu belajar siswa dapat dilihat dari kenaikan presentase siswa sebesar 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,57% pada siklus II. Prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 51,43% dan meningkat menjadi 77,14% pada siklus II. Ketercapaian aspek afektif siswa sebesar 82,86% pada siklus I dan meningkat menjadi 91,43% pada siklus II.

Keywords

Cooperative Problem Solving (CPS); LKS berbasis drill and practice; rasa ingin tahu; prestasi belajar; hidrokarbon

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Slavin, R. E., (1997). Educational Psychology: Theory and Practice (5th Ed). Boston : Allyu and Bacon Company.

Heller, K & P. Heller. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User’s Manual. [Online]. Tersedia: http://www.aapt.org/Conferences/newfaculty /upload/Coop-Problem-Solving-Guide.pdf.

Esan, Femi. (2015). International Journal for Infonomics (IJI), 8(1), 986-989.

Prasetyoningrum, R., Sukardjo, dan Nurhayati, N. D. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 105-110.

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arif, Ristian dan Hadi, Syamsu. (2015). Economic Education Analysis Journal, 4(2), 536-548.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.