Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Buku Saku untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

Primadi Gayuh Laksono Putro, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Bakti Mulyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat prestasi belajar siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar pada materi Stoikiometri melalui penerapan model pembelajaran  TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, wawancara dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku dapat meningkatkan minat dan prestasi belajarsiswa pada materi stoikiometri kelas X IPA 6. Pada siklus I, persentase ketercapaian minat belajar siswa sebesar 100% sehingga hanya dilakukan pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar dilihat dari aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 41,38% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,41%, dari aspek sikap hanya dilakukan pada siklus I, persentase ketercapaian pada siklus I sebesar 100%. Sedangkan untuk prestasi belajar aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dan memberikan hasil ketercapaian sebesar 100%.

Keywords

Team Assisted Individualization; buku saku; minat; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chang, Raymond. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Nneji, L. (2011). Impact of Framing and Team Assisted Individualization Instructional Stategies Student’ Achievment in Basic Science in The North Central Zone of Nigeria. Nigerian Educational Reseach Journal, 23 (4), 1-8.

Onasanya, S.A. (2004). Selection and Utilization of Instructional Media for Effective Practice Teaching. Institute Journal of Studies in Education. 2 (1), 127-133.

Setyono,Y.A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa . Surakarta :UNS.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.