Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Disertai Kartu Soal untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Di Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Batik 1 Surakarta

Apriliya Dwi Setyorini, Agung Nugroho Catur Saputro, Haryono Haryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving disertai dengan kartu soal, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving disertai dengan kartu soal.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Solving disertai dengan kartu soal dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian kemampuan analisis sebesar 41,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,07%, (2) penerapan model pembelajaran Problem Solving disertai dengan kartu soal dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 48,84% dan meningkat menjadi 83,72% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 90,70% dan meningkat menjadi 100,00% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 100,00% pada siklus I.

Keywords

problem solving; kartu soal; kemampuan analisis; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hafsah, T., Rosnani, H., Zurida, I., Kamaruzaman, & J., Khoo Yin Y. (2014). Scottish Journal of Arts, Social Sciences and Scientific Studies, 21 (1) 3-21.

Agung, S & Marc S. Schwartz. (2007). International Journal of Science Education, 29 (13) 1679-1702.

Facione, P.A. (2011). Critical Thinking: What It is and Why It Count. Measured Reason and The California Academic Press. Millbrae, CA.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.