Upaya Peningkatan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dilengkapi Media WebQuest pada Siswa Kelas XI IPA 2 Semester II SMA N 2 Boyolali

Rizki Irsyadi, Mohammad Masykuri, Sri Yamtinah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid melalui penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) dilengkapi media WebQuest. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian diperoleh dari siswa, guru dan peristiwa (kegiatan siswa). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC dilengkapi WebQuest dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi koloid. Peningkatan kemampuan memori dapat dilihat dari kenaikan presentase siswa pada siklus I 54,54% menjadi 78,79% pada siklus II. Prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pretasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 57,58% menjadi 81,82% pada siklus II. Prestasi belajar aspek afektif mencapai 93,94% pada siklus I dan meningkat menjadi 96,97% pada siklus II. Prestasi belajar aspek psikomotor pada siklus I sudah mencapai 100%.

Keywords

CIRC; WebQuest; kemampuan memori; prestasi belajar; koloid

Full Text:

PDF

References

Sirhan, G. (2007). Journal of Turkish Science Education, 4(2), 1-20.

Sanjaya, W. (2008). Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum: Yogyakarta: Andi Offset.

Antoro, Y.G., Utomo, B.U., & Masykuri, M. (2016). Jurnal Pendidikan Kimia, 5(3). 1-8

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terj. N. Yusron. Bandung: Nusa Media.

Durukan, E. (2011). Educational Research and Reviews, 6 (1).

Sastika, A.R., V.H. Elfi Susanti., & Ashadi. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3). 42-48.

New Jersey Coalition for Inclusive Education (NJCIE). (2009). Keys to Inclusion: The WebQuest Issue. New Jersey: The New Jersey Coalition for Inclusive Education.

Rachmawati, U. & Madya. (2014). Jurnal Kependidikan, 44(1), 82-91.

Yasemin, M, & Kalelioglu. (2010). Educational Technology & Society, 13(3), 139-15.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.