Studi Komparasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Drill and Practice Dilengkapi Media Key-Relation Chart terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Termokimia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan model pembelajaran Drill and Practice yang keduanya sama-sama dilengkapi Key-Relation Chart pada materi Termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA semester ganjil SMA Negeri Ajibarang tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengukur prestasi belajar siswa aspek pengetahuan. Sedangkan teknik non tes untuk mengukur prestasi belajar aspek sikap dan ketrampilan siswa. Analisis data menggunakan uji t-pihak kanan . Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan software SPSS 16 diperoleh signifikasi 0,0675. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Drill and Practice sedikit lebih baik dibandingkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Kedua model sama-sama dilengkapi media Key-Relation Chart. Prestasi belajar aspek sikap dan aspek ketrampilan tidak terpengaruh oleh kedua model pembelajaran tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tirtarahardja, U. & Sulo, S.L.L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Aini, N., Ashadi, & Nurhayati, N.N.(2014). Studi Komparasi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dilengkapi Dengan Media Key Relation-Chart(KR-Chart) dan LKS Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI Semester Ganjil SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),3 (3) : 98-104.
McDonough, Sharon K. (2005). Way Beyond Drill and Practice : Foreign Language Lab activities in support of Constructivist Learning. Int’l J of Instructional Media. Vol: 28(1)
Nurhayati, F., Redjeki, T., & Utami, B.(2013). Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Drill and Practice dan Learning Cycle 5E Disertai Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3) : 191-198.
Munadi, Y.(2008). Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press.
Arikunto, S.(2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung : Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.