Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Buku Saku pada Materi Redoks untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali

Lasni Julita Sitanggang, Mohammad Masykuri, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI pada materi redoks dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Hasil analisis kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 81,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,5%. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 55,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,7%. Hasil prestasi belajar aspek sikap sebesar 89,47%. Hasil prestasi belajar siswa pada aspek keterampilan sebesar 100%.

Keywords

penelitian tindakan kelas; Team Assisted Individualization; kemandirian belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Taber, K. (2002). Chemical Misconception-Prevention, Diagnosis, and Cure. London: Royal Society of Chemistry.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Gillies, R. M. (2008). The Effects of Cooperative Learning on Junior High School Students ’ Behaviours , Discourse and Learning During a Science-Based Learning Activity, 29(3), 328–347. https://doi.org/10.1177/0143034308093673

Reda, T. (2015). International Journal of Science: Basic and Applied Research, 24(2), 33–44.

Antoro, Y. D., Utomo, S. B., & Masykuri, M. (2016).Jurnal Pendidikan Kimia , 5(3), 1–8.

Ramandika, M. G. D., Susanti, E., & Utami, B. (2013). Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 41–50.

Noor, Z. A., Mulyani, S., & Masykuri, M. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 130–136.

Musfiqon, H. M. (2012). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Retno, A. T. P., Saputro, S., & Utami, B. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 74–81.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.