Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi dengan Media LKS Berbasis Model Latihan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA 1 pada Materi Stoikiometri Di SMA Negeri 6 Surakarta

Enggar Prasetyo, Budi Utami, Haryono Haryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Surakarta pada materi stoikiometri dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi  dengan LKS berbasis model latihan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi  dengan LKS berbasis model latihan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari kenaikan presentase siswa sebesar 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 60% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap siswa sebesar 80 % pada siklus I dan meningkat menjadi 96% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 88%.

Keywords

Team Assisted Individualization (TAI); LKS berbasis model latihan; aktivitas; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Fitriana, S., Hisyam, I., dan Annas, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Educatiom Science Technology, 1( 2) hal 86 –101.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M. (2008). Desain Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yildirim, N. dan Sevil, K. (2011). The Effect Of The Worksheets On Students’ Achievement In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education 8(3), pp. 44-58

Waryuman, D., Rehendi, D., dan Sutarno, H. (2010). Kumpulan Skripsi Pendidikan Ilkom, Hlm 3640. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nneji, L. (2011). Impact Of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies Students’ Achievement in Basic Science in The North Central Zone Of Nigeria. Journal of Nigeria, 24(3).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.