Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Kemampuan Analisis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigaton (GI) pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIA 1 Semester Genap SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Diyah Ayu Wulandari, Elfi Susanti VH, Bakti Mulyani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan analisis siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok hidrolisis bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan analisis siswa pada materi pokok hidrolisis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Hasil tes siklus I ketercapaian aspek kognitif sebesar 56% dan meningkat menjadi 79% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 88% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan pada siklus I sebesar 100%. Peningkatan kemampuan analisis siswa dapat dilihat dari hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I, yaitu ketercapaian siswa dengan kategori kemampuan analisis tinggi sebesar 62% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II.
Keywords
penelitian tindakan kelas; GI; prestasi belajar; kemampuan analisis; hidrolisis
References
Peraturan Menteri Pendidikan dan Nasional. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.
Oh, P.S dan Shin M.K. (2005). International Journal of Science and Mathematics Education. 3 (2). 327-349.
Wildanisnaini, V.H Elfi S., Haryono. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia. 4(1). 151-156.
Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Adora, N.M. (2014). International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS). 2(3). ISSN 2320–4044, 146-147