Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017

Aisyah Nina Aulia, Sulistyo Saputro, Agung Nugroho Catur Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok laju reaksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah guru dan siswa. Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, angket, dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017  pada materi pokok laju reaksi (78,33% pada siklus I) dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok laju reaksi (aspek kognitif 43,3% pada siklus I dan 86,67% pada siklus II; aspek afektif siswa sebesar 81,67% pada siklus I; aspek psikomotor siswa sebesar 100% pada siklus I).

Keywords

penelitian tindakan kelas; Make a Match; aktivitas belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: kemandirian guru dan kepala sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya: Airlangga University Press.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Lie. (2003). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhrudin (2014) .Problem Based Learning Approach Through Cooperative Learning Strategy Type Make a Match Against Mathematical Reasoning Ability and Soft-skill Students, ICMSE 2014, M-170.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chonstantika, A. L., Haryono & Yamtinah, S (2013). Penerapan Pembelajaran Model Make a Match dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-6 di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3): 25-33.

Lago, Richie Grace M., & Nawang, Abundol A. (2007). Influence of Cooperative Learning on Chemistry Students’ Achievement, Self-efficacy and Attitude. Journal of Higher Educational Research, 5 , 209-223.

Akhtar, Kiran., Perveen, Qaisara., Kiran, Sindra., Rashid, Mehwish dan Satti, Amna Khatoon (2012). A Study of Student’s Attitudes toward Cooperative Learning. International Jurnal of Humanities and Social Science, 2(11), 141-147.

Jati, H. & Inayah, N., (2010). Peningkatan Keaktifan dalam KBM dan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Teknik Pembelajaran Mencari Pasangan (Make a Match) di SMK Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2010/2011, Jurnal Penelitian Kependidikan., 3, 15-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.