Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tipe Pictorial Riddle Berbantuan KR-Chart untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa dan (2) prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018, (2) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Susanti, E., Yurnetti & Ramli, E. (2015). Pillar of Physics Education, 5. 57-64.
Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rahayu, S. F., Sriyono, & Nurhidayati. (2015). Jurnal Radiasi. 6(1). 92-95.
Onwuachu, Chidimma, W. & Kanayo, C. (2015). Journal of Research in Pure and Applied Sciences. 5(1). 40-48.
Rahayu, S. F., Sriyono, & Nurhidayati. (2015). Jurnal Radiasi. 6(1). 92-95.
Susanti, E., Yurnetti & Ramli, E. (2015). Pillar of Physics Education . 5. 57-64.
Susanti, A.T., Prayitno, B.A. & Sudarisman, S. (2015). Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2). 28-40.
Nurhayati, Sudarmin, Mahatmanti F. W. & Khodijah F. D. (2009). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1). 379-384.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Onwuachu, Chidimma, W. & Kanayo, C. (2015). Journal of Research in Pure and Applied Sciences. 5(1). 40-48.
Purwati, Sunarno. W., Utomo, S. B. (2018). Jurnal Pendidikan IPA. 7(2). 182-189.
Aini, N., Ashadi & Nurhayati, N. D. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3). 98-104.
Refbacks
- There are currently no refbacks.