Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tipe Pictorial Riddle Berbantuan KR-Chart untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Vashti Dea Pavita, Suryadi Budi Utomo, Ashadi Ashadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa dan (2) prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018, (2) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

inkuiri terbimbing; pictorial riddle; KR-Chart; kreativitas; prestasi belajar; larutan penyangga

Full Text:

PDF

References

Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, E., Yurnetti & Ramli, E. (2015). Pillar of Physics Education, 5. 57-64.

Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S. F., Sriyono, & Nurhidayati. (2015). Jurnal Radiasi. 6(1). 92-95.

Onwuachu, Chidimma, W. & Kanayo, C. (2015). Journal of Research in Pure and Applied Sciences. 5(1). 40-48.

Rahayu, S. F., Sriyono, & Nurhidayati. (2015). Jurnal Radiasi. 6(1). 92-95.

Susanti, E., Yurnetti & Ramli, E. (2015). Pillar of Physics Education . 5. 57-64.

Susanti, A.T., Prayitno, B.A. & Sudarisman, S. (2015). Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2). 28-40.

Nurhayati, Sudarmin, Mahatmanti F. W. & Khodijah F. D. (2009). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1). 379-384.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Onwuachu, Chidimma, W. & Kanayo, C. (2015). Journal of Research in Pure and Applied Sciences. 5(1). 40-48.

Purwati, Sunarno. W., Utomo, S. B. (2018). Jurnal Pendidikan IPA. 7(2). 182-189.

Aini, N., Ashadi & Nurhayati, N. D. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia. 3(3). 98-104.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.