Hubungan Kemampuan Analisis dan Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta

Eva Nia Umi Cholifah, Sri Yamtinah, Elfi Susanti VH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara: (1) kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa, (2) kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) kemampuan analisis dan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 4 Surakarta. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4, XI IPA 5, dan XI IPA 7 SMAN 4 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,748 dan koefisien determinasi sebesar 55,95%, (2) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan matematika dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,426 dan koefisien determinasi sebesar 18,15%, dan (3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis bersama-sama dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,762, persamaan regresi linear Y = 9,417 + 0,607 X1 + 0,236 X2, sumbangan efektif kemampuan analisis 51,39% dan kemampuan matematika 6,61%, serta sumbangan relatif kemampuan analisis 88,61% dan dan kemampuan matematika 11,39%.

 

Keywords

korelasi; analisis; matematika; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Carter, C. S., & Brickhouse, N. W. (1989). Journal of Chemical Education, 66(3), 223.

Slameto. (2013). Jakarta: Rineka Cipta.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Chijioke, U. C., & Offiah, P. F. C. (2013). International Journal of Engineering Science Invention, 2(7), 44–57.

Adesoji, F. A., & Ibraheem, T. L. (2009). The Journal of International Social Research, 2(6), 15–25.

Orgill, M., & Sutherland, A. (2008). Chemistry Education Research and Practice, 9(2), 131.

Daro’aeni, F., Yamtinah, S., & Nurhayati, N. D. (2013). Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 139–145.

Chusni, M. M. (2017). Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 16–23.

Cahyono, Thoriq Dwi, Masykuri, Mohammad, & Ashadi. (2016). Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 81-88.

Annas, A., Ashadi, & Haryono. (2016). Jurnal Pendidikan Kimia, 5(4), 8–15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.