Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Memori Terhadap Prestasi Belajar Ikatan Kimia pada Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

Rismaya Winiasih, Ashadi Ashadi, Bakti Mulyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kimia. (2) Adanya korelasi antara memori dengan prestasi belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kimia. (3) Adanya korelasi antara kemampuan berpikir kritis dan memori  bersama-sama dengan prestasi belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kimia (4) Berapa besar kontribusi kemampuan berpikir kritis dan memori terhadap capaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis serta kemampuan memori. Uji hipotesis  dilakukan menggunakan ANAVA dua jalan dengan bantuan aplikasi SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa:  (1)Terdapat korelasi positif antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,673. (2) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,481. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan memori dan kemampuan berpikir kritis bersama sama terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,757. (4) Sumbangan efektif kemampuan memori dan berpikir kritis sebesar 40.27% dan 17.07%. Sumbangan relatif kemampuan memori dan berpikir kitis sebesar 70.23% dan 29.76%. Prestasi belajar  dapat diprediksi melalui pesamaan regresi Y= 16,194 + 0,284 X1 + 0,226 X2.

Keywords

kemampuan memori; kemampuan berpikir kritis; prestasi belajar; ikatan kimia

Full Text:

PDF

References

Sunyono. (2009). Pembelajara IPA dengan Keterampilan Generik Sains [Online]. Tersedia : blog.unila.ac.id/sunyono/files/06/keterapilan-generik.pdf (Diakses tanggal 5 September 2016)

Chandrasegaran, A.L., Treagust, D.F., & Mocerino, M. (2008). An Evaluation of a Teaching Intervention to Promote Student’s Ability to Use Multiple Level of Representation When Describing and Explaining Chemical Reactions. Res. Sci. Educ., 38 (2), 237-248.

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kelly, S.E. (2001). Thinking Well: An Introduction to Critical Thinking. Texas : Mayfield Publishing Company.

Daro'aeni, F., Yamtinah, S., & Nurhayati, N. D. (2013). Pengaruh Kemampuan Memahami Bacaan, Kemampuan Memori, dan Kemampuan Analisis Terhadap Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013, 2(3), 139–145.

Sudjana. (2007). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.