Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Dilengkapi LKS Berbasis Drill and Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA N 2 Karanganyar

Lisa Ariyanti, Budi Utami, Elfi Susanti VH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar pada materi hidrolisis garam dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi LKS berbasis drill and practice. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE dilengkapi LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari kenaikan presentase siswa sebesar 79,49% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,31% pada siklus II. Prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 82,05% dan meningkat menjadi 89,74% pada siklus II. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 51,28% dan meningkat menjadi 87,18% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 87,18%.

Keywords

POE; LKS berbasis drill and practice; keaktifan; prestasi belajar; hidrolisis garam

Full Text:

PDF

References

Nasution, S. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shantiy, Mulyani, B., Utami, B., (2015). Jurnal Pendidikan Kimia. 4(4). 139-146.

Hong, JC., dkk. (2014). Computers and Education. 72. 110-120.

Suyono dan Hariyanto, (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ipek, H., dkk. (2010). Social and Behavioral Science. 2. 648-653.

Nugroho, SA., Redjeki, T., Mulyani, S. (2014). Jurnal Pendidikan Kimia. 3 (4). 93-99.

Arikunto, S., Suharjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Waryuman, D., Rehendi, D., dan Sutarno, H. (2010). Kumpulan Skripsi Pendidikan Ilkom, Hlm 3640. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ayhan, C. dan Yavuz, D. (2013). A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 86(1): 1-10.

Sreerekha, Raj, A., dan Sankar, S. (2016). International Journal of Education & Teaching Analytics. 1 (1). 1-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.