Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Termokimia Kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Dewi Ponco Wati, Sri Yamtinah, Mohammad Masykuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi termokimia melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS kelas XI IPA di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi termokimia melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS kelas XI IPA di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar (aspek kognitif dan aspek afektif) dan interaksi sosial siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, observasi, dan wawancara,  selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Interaksi sosial siswa pada pra-tindakan sebesar 55% meningkat menjadi 75% pada siklus I. (2) penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi termokimia di kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Aspek afektif mencapai 100% pada siklus I dan tidak dilanjutkan pada siklus II.

Keywords

penelitian tindakan kelas; STAD; LKS; interaksi sosial siswa; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Johnstone, A. H., (2006). Chemical education research in Glasgow in perspective. Chemistry Education and Practice, 7(2): 49 – 63.

Keenan, Kleinfelter, dan Wood. (1990). Kimia Untuk Universitas. Terj. A. Handayana Pudjaatmaka. Jakarta: Erlangga.

Ahmadi, A. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Terj.Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Tran, V. D. (2014). The Effect of Cooperative Learning on The Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education, 3 (2), 131-140.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Pratama, W., Agung N.C.S., Bakti M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi Log Book Chemistry (Log-Chem) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (4) 180-185.

Hidayati, I.N.A., Tri R., Budi H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI MAN Klaten Tahun Pelajaran 2011/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2) 92-99.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Nuriyawan, H., Ashadi, Widiastuti A. E.S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dilengkapi Media Pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Proses Sains Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5 (3) 77-86.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective. Terj.Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyono dan Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.