Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament dan Team Assisted Individualization Disertai dengan Key Relation Chart Ditinjau dari Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat

Charisma Nurwiyono Putri, Mohammad Masykuri, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament  (TGT) dan Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media Key Relation-Chart (KR-Chart) terhadap prestasi belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar (tinggi, sedang, rendah) siswa terhadap prestasi belajar siswa; (3) interaksi antara penerapan model  TGT disertai KR-Chart dan model TAI disertai KR-Chart dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan cluster rundom sampling. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dan uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) terdapat pengaruh penggunaan  model pembelajaran TGT disertai KR-Chart, TAI disertai KR-Chart, dan konvensional terhadap prestasi belajar kimia pada ranah kognitif, namun tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa ranah afektif; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid terhadap prestasi belajar kimia; 3) tidak ada interaksi antara penerapan model TGT disertai KR-Chart, model TAI disertai KR-Chart, dan konvensional dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi koloid  terhadap prestasi belajar kimia.

Keywords

model TGT; model TAI; KR-Chart; motivasi belajar; koloid

Full Text:

PDF

References

Mulyasa, (2014).Pengembangan dan Implementasi Kurikulim 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media.

Nurhayati, Sri., Mahatmanti, F W., Khodijah, F D. (2009). “Keefektifan Pembelajaran Berbasis Question Student Have dengan Bantuan Chemo-Edutainment Media Key Relation Chart Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1), 379-384.

Rybczynski, Stephen M. and Schussler, Elisabeth E. (2013) "Effects of Instructional Model on Student Attitude in an Introductory Biology Laboratory," International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 7 (2), Article 22.

Uno, H.B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.