Pembelajaran Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

Nailil Maghfiroh, Widiastuti Agustina Eko Setyowati, Haryono Haryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) interaksi sosial pada materi pokok redoks siswa kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul, dan (2) prestasi belajar pada materi pokok redoks siswa kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas  X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model TAI berbantuan modul dapat meningkatkan: (1) interaksi sosial yang mengalami peningkatan dari 47,37% menjadi 71,05%, dan (2) prestasi belajar aspek kognitif sebesar 34,21% meningkat menjadi 65,79%. Sedangkan prestasi belajar aspek afektif pada siklus I telah mencapai target yaitu sebesar 81,58%.

Keywords

Team Assisted Individualization (TAI); interaksi sosial; prestasi belajar; modul; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Halimah, L. (2009). Jurnal Penelitian, 10 (2), 1-18.

Chayati, N, Ashadi, & Utomo, S.B. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4), 1-7.

Permendikbud RI Nomor 59. (2014). Kurikulum 2013 untuk SMA/MA

Febriana, B.W., Ashadi, & Masykuri, M. (2013). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Senyawa Hidrokarbon dan Turunannya Kelas XI SMK Kesehatan Ngawi. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Wang, H. (2005). International Journal of Technology in Teaching and Learning, 1 (2), 79-88.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Nneji, L. (2011). Knowledge Review, 23 (4), 1-8.

Imaduddin, M. (2013). Jurnal Pendidikan Sains, 01 (01), 26-36.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1995). Analisis Data Kualitatif. Terj. Rohendi. Jakarta: UI Press.

Moeleong J. L. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.