Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dilengkapi Media Logbook Chemistry-Kartu Destinasi untuk Meningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna Kelas X-6 SMAN Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016

Fajar Heri Nurcahyo, Mohammad Masykuri, Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dan (2) prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi media Logbook Chemistry (LogChem)-Kartu Destinasi pada sub pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri Kebakkramat semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 29 perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif (ranah kognitif siswa), observasi dan angket (afektif dan keaktifan siswa), serta wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi media Logbook Chemistry (LogChem)-Kartu Destinasi pada sub pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yang menunjukkan bahwa capaian persentase keaktifan siswa sebesar 81,58%. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tornament (TGT) dilengkapi media Logbook Chemistry (LogChem)-Kartu Destinasi pada sub pokok bahasan alkana, alkena dan alkuna dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang terdiri dari ranah afektif dan kognitif siswa. Hal ini berdasarkan pada persentase capaian ranah afektif siswa siklus I sebesar 89,47% dan persentase capaian ranah kognitif siswa siklus I sebesar 31,58% dan meningkat sebesar 60,53% pada siklus II.

Keywords

kartu destinasi; keaktifan siswa; kognitif siswa; Logbook Chemistry (LogChem); Teams Games Tournament (TGT)

Full Text:

PDF

References

Firman, H. (2007). Pendidikan Kimia. Dalam Tim Pengembang Ilmu Pendidikan UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. (hlm. 221-242). Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Nurulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Leonard & Kusumaningsih, K. D. (2009). Pengaruh Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmiah Exacta, 2 (1), 83-98.

Winarto, R. T. & Sukarmin. (2012). Penerapan Zuma Chemistry Game dengan Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Unsur, Senyawa Campuran di MTsN Surabaya II. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 180-188.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pen-didikan Edisi Keenam. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Torabi, K., Bazrafkan, L., Sepehri, S., Hashemi, M. (2013). The Effect of Logbook as a Study Guide in Dentistry Training. J. Adv Med&Prof., 1(3):81-84.

Dafloff, Tsilingaridis, & Hindbeck. (2004). A Logbook for Continuous Self-Assessment During 1 Year in Paediatric Dentistry. European Journal of Paediatric Dentistry. 3, 163-169.

Yaghobian, M., Fakhri, M., Salmeh, F. (2011). Assesment of the Effect of Logbook on Nursing and Midwifery Student Clinical Skills. Middle East Journal of Science Research. 7 (6), 896-902.

Rahmawati, D. K. (2008). Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode TGT (Teams Games Tournament) dengan Media Roda Impian dan Destinasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asrori , M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Wawacana Prima.

Pratama, W. M, N. C. S, Agung & Mulyani, Bakti. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dilengkapi Media Log Book Chesmistry (Logchem) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Koloid Kelas XI MIA SMAN 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 4 Tahun 2015, 180-185.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 : Surakarta.

Gregory. (2007). Psychological. Testing. New York: Pearson Education.

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2009). Analisis Butir Soal. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Kusaeri & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV. Widya Karya.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2011). Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Andi Offset.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muijs, Daniel, dan Reynold, D. (2008). Effective Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.