Implementasi Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Semester 1 SMA Batik 2 Surakarta

Eva Fitria Wahyujati, Agung Nugroho Catur Saputro, Sri Yamtinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur kelas X MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan objek penelitian adalah kreativitas dan prestasi belajar pada materi sistem periodik unsur. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data prapenelitian dilakukan dengan wawancara, kajian dokumen, dan tes awal kreativitas siswa. Data kreativitas siswa dan prestasi belajar aspek pengetahuan diperoleh melalui tes, data prestasi belajar aspek sikap diperoleh melalui angket, observasi, dan wawancara, dan data prestasi belajar aspek keterampilan diperoleh melalui observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran POGIL berbantuan LKS dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada materi Sistem Periodik Unsur. PeningkatanĀ  kreativitas siswa dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 57,89% dan siklus II sebesar 71,05%. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari persentase ketuntasan antar siklus, dimana siklus I sebesar 60,53% dan siklus II sebesar 89,47%. Peningkatan aspek sikap juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan antar siklus, dimana siklus I sebesar 94,74% dan siklus II sebesar 97,37%. Aspek keterampilan pada siklus I memiliki persentase ketuntasan sebesar 100%, sehingga tidak diulang pada siklus II.

Keywords

Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); kreativitas siswa; prestasi belajar; sistem periodik unsur

Full Text:

PDF

References

Zawadzki, R. (2010). Asian Journal on Education and Learning, 1 (2), 66-74.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Bransford, J. D., Brown, A. L., Crocking, R. R. & editors. (2000). How People Learn. Washington DC: National Academy Press.

Chase, A., Pakhira, D., & Stains, M. (2013).Chemical Education 90:4 2013, 409-416.

Widyaningsih, S. Y., Haryono, Saputro, S. (2012). Surakarta: Jurnal Inkuiri Pasca UNS, Vol. 1 No. 3 Hal. 266-275.

Rosidah. (2013). Semarang: Jurnal Kreano UNNES, Vol. 4 No. 1 Hal. 73-79.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Terjemahan: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.