Hubungan Sikap Ilmiah dan Motivasi Berprestasi dengan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Kimia
Ayu Aneke Putri, Sulistyo Saputro, Ashadi Ashadi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap ilmiah dan motivasi berprestasi dengan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dengan cluster random sampling. Sampel terdiri dari 1 kelas. Data sikap ilmiah menggunakan angket, data motivasi berprestasi menggunakan angket, data persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan indeks korelasi 0,956, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan indeks korelasi 0,895, terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap ilmiah dan motivasi berprestasi dengan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia yang ditunjukkan melalui hasil perhitungan analisis korelasi dan regresi dengan taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi linear yang diperoleh Y= 0,76X1 + 0.0044X2 + 122.8 dan hasil Fhitung= 27,5>Ftabel= 5,49.
Keywords
sikap ilmiah; motivasi berprestasi; persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia
References
Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Keenan. 1986. Kimia Untuk Universitas Edisi 6 Jilid I. Jakarta : Erlangga
Baharudin, B. 2005. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT. Gramedia.
McClelland, David C. 1953. The achievement motive. New York: Appleton-Century-Crofts.
Kaufman, R, & Thomas, S. 1980. Evaluation without Fear. New York: New Viewpoints