Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Interaksi Sosial Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Modul pada Materi Stoikiometri Siswa Kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang Tahun Pelajaran 2015/2016

Indah Qorina, Bakti Mulyani, Sulistyo Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang pada materi pokok stoikiometri dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan modul dapat meningkatkan interaksi sosial siswa pada materi stoikiometri kelas X-2 SMA Islam Ahmad Yani Batang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan persentase ketercapaian interaksi sosial siswa pada siklus I sebesar 77,27% menjadi 81,82% pada siklus II. Prestasi belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 40,9% menjadi 72,73% pada siklus II, sedangkan prestasi belajar aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 81,82% pada siklus I menjadi 86,36% pada siklus II.

Keywords

Group Investigation; modul; interaksi sosial; prestasi belajar; stoikiometri

Full Text:

PDF

References

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP.

Halimah, L., Rostika, D., & Sudirjo, E., 2009, Jurnal Pendidikan Dasar Eduhumaniora, 1(1): 1-11.

Wang, H., 2005, International Journal of Technology in Teaching and Learning, 1 (2): 79-88.

Kesuma, A.T., 2013, Menyusun PTK Itu Gampang, Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi., 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gillies, R.M., 2003, Journal of Educational Psychology, 95(1), 137–147.

Slavin, R.E., 2009, Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Terjemahan Nurulita Yusron, Bandung: Nusa Media.

Sangadji, S., 2016, International Journal of Learning and Development, 1(6), 91-103.

Ackay, N.O. & Doymus, K., 2012, Journal of Educational Science Research, 2 (1): 109–123.

Ciptaningtyas, A.N., Haryono, & Masykuri, 2014, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3): 1-6.

Miles, M. B., & Huberman, A. M., 2009, Analisis Data Kualitatif Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta, UI Press.

Moleong, L.J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Wentzel, K.R., 1991, Review of Educational Research, 1(61): 1-24.

Ryan, A.M., Hicks, L., & Midgley, C., 1997, Journal of Early Adolescence, 2(17): 152-171.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.