PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CORONG HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PERKALIAN

endah yuli widi astuti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan sampel jenuh. Desain penelitian eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,129 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitupula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0 = 0,140 < Ltabel = 0,190 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Selanjutnya perhi­tungan uji t terhadap hasil belajar diperoleh t hitung  = 9,372 > t tabel = 1,729. Maka Hi diterima. Hal ini berarti hasil belajar Matematika Siswa kelas II SDN Jatiroto 01 Kayen mencapai KKM 65 dan hasil perhitungan ketuntasan belajar siswa di kelas mencapai 85 %. Media Pembelajaran Corong Hitung berpengaruh terhadap hasil bela­jar Matematika materi Perkalian siswa kelas II SDN Jatiroto 01.

 

Kata kunci : media pembelajaran corong hitung, hasil belajar matmatika

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Kota Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2013. Model- Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung. YramaWidya

Harnanto, Sugeng. 2016. “Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (KOBELA) dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Sekolah Dasar”. Jurnal Pendas 3.1: 33-42.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Joko, Endro Wibowo. 2013. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar”. http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/584. Diakses 26 Maret 2016.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Soegeng, A.Y. 2015. Dasar-dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

________. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Syaodih. 2016: Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sundayana, Rostina. 2016: Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning. Yaogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Pre-nadamedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.