Ecological Intelligence in Local Wisdom of The Tengger Tribe as Learning Sources of Social Studies

Ali Sunarno, Nana Supriatna

Abstract

The Tengger tribe has local wisdom as a form of ecological intelligence in minimizing natural damage. Local wisdom is important to be bequeathed to the next generation, but the current globalization hampers the process of inheriting these values. Education, in this case, Social Studies subjects, is heavily responsible for internalizing these noble values. This article was written based on the results of a qualitative descriptive study that explored the potential of the local wisdom of the Tengger people related to ecological intelligence. Based on the research results, the people of the Tengger Tribe have wisdom in managing land, forests/trees, and water. Local wisdom, a form of ecological intelligence, can be adopted as a Social Studies learning resource in junior high schools in the Merdeka Curriculum. The research results are expected to be used as a reference in developing Social Studies learning based on local culture.

Keywords

Ecological intelligence; local wisdom; Tengger tribe; social studies.

Full Text:

PDF

References

Ali, Y. I. (2020). Lingkungan dan globalisasi: Solusi akan relasi yang problematik studi kasus peningkatan sampah impor Indonesia Pasca National Sword Policy China Tahun 2018. Global and Policy Journal of International Relations, 8(01).

Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899-1904.

Anwar, Moh. Farid Nurul, dkk. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 2 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2017 Halaman: 1291-1297. EISSN: 2502-471X.

Farid, M. (2019). Ritus “Panunggu” Sebagai Kecerdasan Ekologis Masyarakat Pulau Rhun Untuk Pelestarian Lingkungan Pesisir. MUNGGAI: Jurnal Ilmu Perikanan dan Masyarakat Pesisir, 5(1), 1-12.

Gardner, H. (2013). Multiple intelligences: Kecerdasan majemuk: Teori dalam praktek. ( A. Sindoro, Trans). Batam: Interaksara.

Goleman, D. (2010). Ecological intelligence. Kecerdasan ekologis. Mengungkap rahasia di balik produk-produk yang kita beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gymnastiar, Y. (2022). Analisis Komunikasi pada Prosesi Ruwatan Lembur Kampung Cibedug Kabupaten Bandung Barat. Dialektika, 9(2), 168-177.

Hamzah, F., Hermawan, H., & Wigati, W. (2018). Evaluasi Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 5(3), 195-202.

Hutama, F.S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 817-829. P-ISSN: 2303-288X, E-ISSN:2541-7207.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka

Konradus, D. (2018). Kearifan Lokal Terbonsai Arus Globalisasi: Kajian Terhadap Eksistensi Masyarakat Hukum Adat. Masalah-Masalah Hukum, 47(1), 81-88.

Musafiri, M. Rizqon A., dkk. (2016). Potensi Kearifan Lokal Suku Using Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 1 Nomor: 10 Halaman: 2040-2046. EISSN:2502-471X.

Mutiani, M., Rahman, A. M., Permatasari, N., Abbas, E. W., & Putra, M. A. H. (2021). Kecerdasan Ekologis Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Barito. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1).

Nurcahyono, O. H. (2018). Harmonisasi Masyarakat Adat Suku Tengger (Analisis Keberadaan Modal Sosial Pada Proses Harmonisasi Pada Masayarakat Adat Suku Tengger, Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur). Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiolog, 2(1), 1–12.

Oktavia, S., Aziz, M. C. A., Putri, W. D., Hakim, I. L., & Zulbaidah, Z. (2021). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Pariwisata di Desa Tarumajaya bagi Masyarakat Setempat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(34), 51-61.

Palmer, J. A. (1998). Environtmental education in the 21st century. New York: Routledge.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.

Qodariah, Lelly & Armi, Laely. (2013). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga sebagai Alternatif Sumber Belajar. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial , Vol. 10 No. 1 Mei 2013 : 10-20.

Setiawati, T. (2016). Peningkatan kecerdasan ekologis peserta didik dalam bertransportasi hemat bbm melalui pembelajaran ips kontekstual (ptk di kelas vii a smp negeri 2 tomo kabupaten sumedang pada materi kelangkaan sumber daya alam). International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 289-303

Shufa, Naela Khusna Faela. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1 No. 1, Februari 2018 Hal. 48-53. ISSN 2615-5443. DOI : 10.24176/jino.v1i1.2316.

Supriatna, Nana. (2017). Ecopedagogy. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, A. & Fahmi, M. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.1, Jan 2015, 24-29.

Tinja, Yasintus, dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Manggarai Barat NTT. Proceedings Seminar Nasional : Pengembangan Profesionalisme Pendidik untuk Membangun Anak Bangsa, Vol 2. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. ISBN: 978-602-71836-0-5.

Tinja, Yasintus, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume: 2 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2017, hlm. 1257-1261. EISSN: 2502-471X.

Umami, Fathin Istianatul, dkk. (2017). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Lumajang. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, Tema: 6 Nomor: 14 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 659 – 665. ISBN: 978-602-71836-6-7.

Utari, Unga, dkk. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol.1 No.1 April 2016, hlm. 39-44. P ISSN 2503 – 1201 & E ISSN 2503 – 5347.

Yunanto, M. K. (2020). Kerusakan Lingkungan Dan Globalisasi: Studi Kritis Pembangunan Berkelanjutan Sektor Kehutanan di Indonesia. Paradigma: Jurnal Ilmu Administrasi, 7(2), 182-196.

Yusuf, I., & Hadi, T. S. (2020). Studi Literatur: Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perubahan Lahan. Pondasi, 25(2), 157-183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.