PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUDRAMA TERHADAP MINAT SISWA BELAJAR MENDESKRIPSIKAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA DAN PERAN LEMBAGA NEGARA

Ermawati Nur Hidayah, Rusnaini Rusnaini, Winarno Winarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat. Desain yang di-gunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan bentuk posttestonly control design. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode angket, observasi, dan analisis dokumen. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,864 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 – 2 (30 + 30  – 2 = 58 ), sehingga diperoleh ttabel sebesar 2,002 (interpolasi). Maka thitung (5,864) >  ttabel(2,002) dan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,22 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 76,64. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa  terdapat pengaruh media pembelajaran film dokudrama terhadap minat belajar siswa pada kom-petensi dasar mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.

Keywords

media pembelajaran; film dokudrama; minat belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Depdiknas. (2007). Pedoman Umum: Sekolah sebagai wahana Pengembangan Warga Negara yang Demokratis dan Bertanggung Jawab melalui PKN. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Depdiknas. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Fachrudin, Andi.( 2012). Modul Creative Program. Jakarta: Universitas Mercubuana

Fatturrakhman, Zulkham (2013).“Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/19888/1/3101409055.pdf. diakses pada tanggal 16 Januari 2015 Pukul 20.30 WIB

Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Nurjanah, Elis (2013). ”Pengaruh media film dokumenter terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SMA Negeri 1 Karangnunggal”. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Diperoleh dari http://repository.upi.edu/482/ diakses pada tanggal 16 Januari 2016 pukul 19.30 WIB

Sanjaya, Wina. ( 2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. (2010). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Suryono, Hassan. (2014). Metode Analisis Statistik Pedoman Praktis dalam Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Ombak

Syah, Muhibbin. (2010). Psikology Belajar. Jakarta: logos Wacana Ilmu

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara

Winfred F.Hill. (2012). Theories of Learning Teori Teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi. Bandung: Nusa Media

Yanri Kusma Wijaya dan Abdul Gafur. (2013). Pengaruh Media Film “Nagabonar Jadi 2” terhadap Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Pkn.Jurnal ECivics Vol.II No.5. Universitas Negeri Yogkarta diperoleh dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7701/18/810 diakses pada tanggal 28 Januari 2016 pada Pukul 20.00 WIB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.