FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL

Inas Sausan, Sri Mulyani, Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal (kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar) terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA 1 Kajen tahun 2015/2016 sebanyak 134 siswa yang dipilih secara  purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara terpisah kemampuan memori, kemampuan matematika, kemampuan analisis, kecerdasan intelektual, dan motivasi belajar bersifat sangat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol; sedangkan kebiasaan belajar terdapat pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol. Pada pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda, secara serentak keenam variabel bebas tersebut memberikan pengaruh bersifat lemah terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan konsep mol, dari uji F diperoleh nilai signifikan 0,006 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,362.

Keywords

regresi linier; faktor internal; prestasi belajar; konsep mol

Full Text:

PDF

References

Abduhan, R., Mulyani, S., & Utami, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajarn Problem Solving dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berkombinasi Drill and Practice dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep Mol X MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4 (4), 71-79.

Chijioke, U.C., & Offiah, F.C. (2013). Determination of The Analytical Skill Level of Secondary School Chemistry Student in Imo State of Nigeria. Universal Journal of Education an General Studies, 2 (10), 336-353. Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daro’aeni, F., Yamtinah, S., & Nurhayati, D.N. (2013). Pengaruh Kemampuan Memahami Bacaan, Kemampuan Memori, dan Kemampuan Analisis terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3), 139-145.

Deary, I.J., Strand, S., Smith, P., & Fernandes, C. (2007). Intelligence and Educational Achievement. Journal Intelligence, 35(1), 13-20.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Gie, T.L. (2002). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PUPIB.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter Than IQ. New York: Bantan Book. A Division of Random Houce Inc.

Kapadia, M. (2003). Daya Ingat. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Kovas, Y., Harwoth, C.M.A., Petrill, S.A., & Plomin, R. (2010). Mathematical Ability of 10Year-Old Boys and Girls: Genetic and Environmental Etiology of Typical and Low Performance Journal Learn Disabil, 40 (6), 554-567.

Kusurkar, R.A., Ten Cate, Th.J., Vos, C.M.P., Westers, P., & Croiset, G. (2012). How Motivation Affects Academic Performance: A Structural Equation Modelling Analysis. Adv Health Sci Educ Theory Pract, 18(1), 57-69.

Merdekawati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Matematika terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2 (1), 26-31.

Okwon, R.O. (2005). Mathematics Achievement and Academic Performancein Chemistry. Journal Quality Education, 2 (1), 11-25.

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siagian, R.E.F. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tias, P.A., Istamar, S., Atmoko, A., & Corebima, A.D. (2015). The Contribution of Intelligence Quotient (IQ) on Biology Academic Achievement of Senior High School Students in Medan, Indonesia. International Journal of Education Policy Research and Review, 2 (10), 141-147.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.