PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIDAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA SMA

Yesi Tri Wulandari, Edy Suryanto, Kundharu Saddhono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi siswa melalui metode Picture and Picture. Penelitian  tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas X TBB C. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan reviu informan.Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Simpulan penelitian dapat dikemukakan bahwa penerapan metode Picture and Picture mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks narasi. Peningkatan tersebut dilakukan guru dengan prosedur: (1) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai; (2) menyajikan materi sebagai pengantar; (3) memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi; (4)  menanyakan alasan urutan gambar; (5) menanamkan konsep atau materi sesuai kompetensi yang akan dicapai; (f) memberikan simpulan/rangkuman material; dan (g menugasi siswa menulis sebuah teks narasi berdasarkan urutan gambar.

Keywords

teks narasi; metode Picture and Picture; motivasi; keterampilan menulis

Full Text:

PDF

References

Alwasilah, Chaedar dan Alwasilah, S., Suzanna. 2007. Pokoknya Menulis, Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Avraamidou, Lucy dan Osborne, Jonathan. 2009. “The Role of Narrative in Communicating Science.”International Journal of Science Education, Vol. 31, No. 12, hal. 1683-1707. Agustus 2009. London: International Journal of Science Education,Universityof Nicosia London.

Hamid, Moh. Sholeh.2011. Mendesain Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu Menghibur, Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Odera, Y. Florence. 2011. “Motivation: the most Ignored Factor in Classroom Instruction in Kenyan Secondary School.”IJST Journal, Vol. 1, No. 6, hal. 283. Desember 2011. Kenya: International Journal of Science and Technology, Maseno UniversityCollege Kenya.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Suparno dan Yunus, Muhammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tarigan, H. Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Fuady, Sumarwati. 2012. “Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Puisi melalui Penerapan Metode Menulis Berantai pada Siswa Sekolah Menengah Atas”Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Vol. 1, No. 1, hal.165167,Desember 2012.

Wulandari, Mei. 2011. “Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas X -6 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.” Skripsi tidak dipublikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.