PENINGKATAN KOMPETENSI SPEAKING MONOLOG PROCEDURE TEXT MELALUI METODE TPR plus Speaking PADA SISWA SMP KELAS IX

Nurhadi Nurhadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran speaking monolog procedure text dengan metode TPR plus Speaking, dan (2)meningkatkan kompetensispeaking monolog procedure text siswa dengan metode TPR plus Speaking. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart (1998) yang diadopsi oleh Burns(2010) dengan pola planning-action-observation-reflection, dilanjutkan dengan siklus berikutnya berupa revised panning-action-observation-reflection. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: (1) motivasi sebagian besar siswa meningkat setelah menggunakan metode TPR plus Speaking, dan (2) kompetensi speaking siswa meningkat dari Prasiklus 67,21 menjadi 73,53 di siklus I,dan 77,50 di siklus II.

Keywords

Speaking monolog; procedure text; TPR plus Speaking

Full Text:

PDF

References

Bennu, Mansyur & Purnomo, Agus. (2009). Language Assessment. Ditjen PMPTK, Jakarta: Depdiknas.

Burns, Anne. (2010). Doing Action Research in English Language Teaching; A Guide for Practitioners. First Edition.New York and London: Routledge Taylor & Francis Group.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Lampiran Permendiknas no 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Herrell, Adrienne L & Jordan, Micheal. (2008). Fifty strategies for Teaching English Language Learners. Third Edition. New Jersey: Pearson Merrill Prentice-Hall.

Kimtafsirah, Zainal, & Yahmawati. (2009). Teaching Speaking. Ditjen PMPTK,Jakarta: Depdiknas.

Panjaitan, Mutiara O. (2004). Penilaian Pembelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta: Depdiknas.

Surya,M.( 2003). Percikan Perjuangan Guru. Semarang, Aneka Ilmu.

Wachidah, Siti. (2014). When English Rings a Bell: buku guru, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.