MODEL PEMBELAJARAN KEBENCANAAN BERBASIS VIRTUAL SEBAGAI UPAYA MITIGASI DAN PROSES ADAPTASI TERHADAP BENCANA ALAM DI SMP

Mantasia Mantasia, Hendra Jaya

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (2) Desain pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana; (3) Kinerja pembelajaran kebencanaan berbasis virtual sebagai upaya mitigasi bencana dan proses adaptif terhadap bencana alam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D. Pengembangan perangkat lunak berupa model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual ini dilaksanakan dengan pendekatan engineering yang memiliki  tahapan: analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian dapat dikemukakan: (1) Langkah-langkah sistematis pengembangan model pembelajaran kebencanaan berbasis virtual (MPKBV) diawali dengan studi pendahuluan  berupa analisis kebutuhan; (2) Pada tahap desain, pengembangan materi, dan penulisan program menghasilkan produk prototipe awal yang divalidasi ahli media dan ahli materi, perbaikan dilakukan setelah ada masukan dari para ahli; dan (3) Tanggapan terhadap MPKBV pada aspek materi/isi diperoleh skor 4,4 (kategori baik), aspek virtual diperoleh skor 4,7 (kategori sangat baik), dan aspek pemrograman diperoleh skor 4,5 (kategori sangat baik).

Keywords

virtual; pembelajaran kebencanaan; mitigasi bencana

Full Text:

PDF

References

Alessi, S. M. & Trollip, S. R. (1991).Computer-based instruction: Methods anddevelopment. Englewood Cliffs, NJ:Prentice Hall.

Balai Taman Nasional Gunung Halimun.(2003). Merencanakan Pendidikan Lingkungan yang Sesuai di Sekolah. Makalah disampaikan pada Pelatihan Pendidikan Lingkungan untuk Guru SD di Sekitar Taman Nasional Gunung Halimun.

Borg & Gall, (2003). Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Coburn, AW, R.J.S. Spence & A. Pomonis, (1994.) Mitigasi Bencana, Cambridge Architectural Research Limited, The Oast House, Malting Lane, Cambridge, United Kingdom http://www.undmtp.org/Indonesian/Disaster_mitigation/Mitigasi

Dick, Walker & Carey. Lou, Carey., James O. (2001). The systematic design of Instruction (5th Ed). New York. Longman

Emir, M. Husni. (2010). Perancangan Augmented Reality Volcano untuk Alat Peraga Museum. Bandung. Sekolah Teknik Elektro & Informatika, Institut Teknologi Bandung

Gabriele Piccoli. 2001. Web-Based Virtual Learning Environments: A Research Framework And A Preliminary Assessment of Effectiveness in Basic IT Skills Training. MIS Quarterly, 2001, Vol. 25, No. 4, 401-426.

Helius, Sjamsudin. (2007). Model Mitigasi Bencana Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hibah Bersaing.Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.UPI bandung.

Kristian Ismail. (2010). Perencanaan Virtual – Lab untuk Layanan E-learning di Daerah Pedesaan. Bandung. TELIMEK - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,STEI - Institute Teknologi Bandung

Lee.W.W. & Owen. D.L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed). San Francisco: Pfeiffer.

Maryani,Eeno.(2010). Model Sosialisasi Mitigasi pada Masyarakat Daerah Rawan Bencana Di Jawa Barat.

McFadzean, Elspeth (2001). Supporting Virtual Groups.Part 1: A Pedagogical Perspective, Team Performance Management: An International Journal,Vol.7 No.3/4 p.53-62

Puspita, Rani. (2008). Sistem Informasi Aplikasi Virtual Lab Pada Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma.Proceeding,Makalah Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008.ISSN : 1411-6286.

Pusat Kurikulum.(2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusilowati, Ani. (2009). Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi Science Environment Technology And Society Terintegrasi Dalam Beberapa Mata Pelajaran. Laporan Penelitian UI. Bogor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.