PENERAPAN STRATEGI KOMANDAN (KOMPETISI MAJU KE DEPAN) PADA STOIKIOMETRI KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Nur Laela

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi stoikiometri kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah pengembangan, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data dengan cara mengamati aktivitas, hasil ulangan, angket, dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Cepu. Hasil penelitian me-nunjukkan bahwa strategi komandan yang dikembangkan dari pendekatan saintifik  dapat meningkatkan aktivitas siswa. Tingkat aktivitas siswa pada writing activities, vi-sual activities, mental activities, dan motor activities tergolong tinggi. Hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 78%, dan siklus III sebesar 88%. Tanggapan guru dan peserta didik positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan strategi komandan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri.

Keywords

strategi komandan; stoikiometri kimia; aktivitas; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Asrori Mohammad, 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Arikunto, S. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik” Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta. 107-108

Jumiati, 2009. “Hubungan antara waktu belajar disekolah dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia dengan prestasi belajar kimia (skripsi).Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Kemendikbud.(2013).Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Kemendikbud

Ridwan.(2012). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta

Susilo FA (2013). “Peningkatan efektifitas pada proses pembelajaran” .Journal unesa 3(1) online athttp://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/artikel/view/1521/ baca-artikel [diakses 10 April 2014]

Sudjana N.(2010).Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung.Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.