EVALUASI DIRI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI YANG DIMILIKI

Sudiyanto Sudiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi diri siswa terhadap pemertahanan kompetensinya. Survei ini milik penelitian deskriptif, kuantitatif, perbandingan, dan asosiatif. Subjek penelitian ini adalah 34 mahasiswa Teknik Otomotif, D3 Program Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumen. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan non-parametrik. Hasilnya menunjukkan bahwa skor rata-rata evaluasi diri siswa pada kompetensi otomotif mereka adalah 2,9667. Dari lima kelompok keahlian, kelompok motor yang mendapat skor tertinggi(3.18), dan kelompok sasis mendapat terendah (2,56). Evaluasi diri siswa keahlian otomotif tidak memiliki korelasi dengan prestasi belajar mereka di setiap semester akhir (t-hit = -0,6573 <t-tab = 2,0336).

Keywords

evaluasi diri; pemertahanan kompetensi; keahlian otomotif

Full Text:

PDF

References

Depnaker. 1987. Klasifikasi Jabatan Indonesia. Jakarta: PT Arnas Duta Jaya.

Hyslop-Margison, Emery J. 2001. “An Assessment of The Historical Arguments in Vocational Education Reform”. Journal of Career and Technical Education Volume 17 Number 1 Spring 2001. http://www.scholar.life.vt.edu/ejunals.htm.

Munadi, Sudji. 2009. “Analisis Daya Prediksi Tes Masuk Program D-3 Reguler Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Terhadap Prestasi Akademik Mahasswa D-3 Teknik FT UNY”, dalam Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Volume 18, Nomor 2, Oktober 2009.

Rumini, Sri,. 1991. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.

Siegel, Sidney. 1977. Statistik Non Paramatrik. Jakarta: PT Granedia Pustaka Utama.

Suardiman, Siti Partini. 1977. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing Press.

Walgito, Bimo. 2006. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.