ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Rulyandi Rulyandi, Muhammad Rohmadi, Edy Tri Sulistyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan wujud alih kode (AK) dan campur kode (CK), faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya AK dan CK, serta dampak AK dan CK dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Data penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa kelas X yang mengandung unsur AK dan CK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wujud AK dilakukan secara intern dan ekstern. Wujud CK berbentuk penyisipan kata, frase, klausa, pengulangan kata, dan ungkapan; (2) Faktor-faktor penyebab AK meliputi penutur, lawan tutur, hadirnya penutur ketiga, pokok pembicaraan untuk membangkitkan rasa humor. Faktor penyebab CK meliputi keinginan menjelaskan sesuatu karena ingin menjalin keakraban antara guru dan siswa;  (3) AK dan CK berdampak positif dan negatif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X.

Keywords

alih kode; campur kode; pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Ayeomoni, Moses Omoniyi. 2006. “Code-Switching and Code-Mixing:Style of Language Use in Childhood in Yoruba Speech Community”, dalam

Nordic Journal of African Studies, Vol. 15, No. 1, pp. 90-99 Obafemi Awolowo University, Ile-Ife, Nigeria.

Bista, Khrisna. 2010. “Factors of Code Switching among Bilingual English Students in the University Classroom: A Survey”, dalam English for Specific Purposes World Vol. 9, No 29, pp. 1-19.

Bogaerde, B. van den., and A.E Baker. 2006. “Code Mixing in Mother-Child Interaction in Deaf Families”, dalam Sign Language and Linguistics. Vol. 14, No. 8, pp. 141-163.

Chaer, Abdul & Agustina Leonie. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chidambaram, K. 2000 “A Sociolinguistic Study Of Code Switching Among the Cochim Tamils”, dalam Journal Language in India. Vol. 6, No. 1, pp. 75-79.

Chung, Haesook Han. 2006.” Code Switching as a Communicative Strategy: A Case. Study of Korean-English Bilinguals”, dalam

Bilingual Research Journal. Vol. 30.No. 2. pp 293-307.

Margana. 2012. “Alih Kode dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta”, dalam Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Rahardi, Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saddhono, Kundharu. 2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Pengantar Sosiolinguistik (Teori dan Konsep Dasar).

Suwandi, Sarwiji. 2010. Serba Linguistik (Mengupas Pelbagai Praktik Bahasa). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Wijana, I Dewa Putu & Rohmadi, Muhammad. 2012. Sosiolinguistik. (Kajian Teori dan Analisis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.