PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan sikap ilmiah siswa 2) meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran dan pembelajaran kontekstual menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini didasarkan pada adopsi Kemmis an Mc. Model Taggart dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah 34 siswa kelas XI RPL B SMK N 2 Karanganyar pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif deskriptif digunakan. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan pembelajaran dan pengajaran kontekstual dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa ,hal ini ditunjukkan oleh jumlah siswa pada Kategori Terbaik dan Baik oleh 56,60% siswa pada siklus pertama dan oleh 90,32% siswa pada siklus kedua. Siklus kedua telah mencapai indikator kinerja yang memiliki 70% kategori Best dan Good. Hal ini menyebabkan perubahan anggota kelompok yang bergantung pada kemampuan siswa dan penyebabnya oleh siswa mendapatkan satu lembar kerja. (2) penerapan pendekatan pembelajaran dan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa,hal ini ditunjukkan oleh prestasi siswa oleh 17,65% siswa pada siklus pertama dan oleh 73,53% siswa pada siklus kedua.
Kata Kunci: CTL, metode eksperimen, sikap ilmiah, kemampuan kognitif
Full Text:
PDFReferences
______.(2012).(http://www.suaraoenbaruan.com) diakses pada 2 Februari 2015.
Fahrudin, A.U. (2010). Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Diva Press.
Febriana. (2012). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dengan Menggunakan Metode Inquiry Terbmbing untuk meningkatkan prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi Tidak di publikasikan, Universitas Sebelas Maret.
Johnson, Elaine, B. (2002). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.
Nurrohmah. (2011). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode Eksperimen Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Keativitas. Tesis Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makda Pembelajaran. Bndung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.