NILAI PENDIDIKAN NOVEL LIPSTICK KARYA ACHMAD MUNIF DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Nilai-nilai pendidikan novel Lipstick karya Achmad Munif dan (2) Relevansi novel Lipstick karya Achmad Munif sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan feminisme sastra. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian: (1) Nilai-nilai pendidikan novel Lipstick karya Achmad Munif meliputi nilai pendidikan agama, moral, sosial dan budi pekerti, dan (2) Novel Lipstick karya Achmad Munif dapat dijadikan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA, khususnya di kelas XII pada semester 2. Hal ini selaras dengan kompetensi dasar yang ditawarkan dalam Kurikulum
2013, yaitu memahami struktur dan kaidah teks cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan, utamanya terkait dengan materi analisis ciri kebahasaan, memahami isi dan makna teks cerita novel.
Kata kunci: novel, nilai pendidikan, pembelajaran sastra, materi ajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bajovic, Mira., Rizzo, Kelly., Engeman, Joe. 2009. ”Character Education Reconceptualized for Practical Implementation”. Canadian Journal of Educational Administration and Policy. Issue 92. Diakses pada 26 September 2017 pukul 11.00 WIB, dari http://hooverPress:Damon/.
Depdiknas. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Munif, Achmad. 2011. Lipstick. Yogyakarta: Penerbit Narasi.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
Poerwati, L.E. & Sofan A. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Purnomo, Adhitya B. 2016. “Kekerasan terhadap Perempuan dan Pendidikan Karakter dalam Novel Bak Rambut Dibelah Tujuh Karya Muh. Makhdlori serta Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Tinjauan Feminisme)”. Tesis tidak dipublikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Rahmanto, B. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rokhmansyah, A. 2013. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samani, M. & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Fajar Inter Pratama Offset.
Sarumpaet, R. K. T. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Perpustakaan Nasional: Jakarta.
Suyitno. 2002. Apresiasi Puisi dan Prosa (BPK FKIP UNS). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Triastuti, Retno. 2012. “Kajian Feminisme dan Nilai Pendidikan Novel Maruti Jerit Hati Seorang Penari Karya Achmad Munif”. Tesis tidak dipublikasikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Wahyuningtyas, Sri dan Santosa, W.H. 2011. Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
Waluyo, Herman J. 2002. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Henindita Graha Widya.
Widyahening, Evy Tri dan Wardani. 2016. Literary Works and Character Education. International Journal of Language and Literature, Vol. 4, No. 1, 176-180. Diakses pada 1 Maret 2017 pukul 08.00 WIB, dari http://ijll-net.com/vol-4-no-1-june-2016-abstract-20-ijll#j_menu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.