MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Eviliyanto Eviliyanto, Tigor Monang Gultom

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran geografi materi pemanfaatan sumber daya alam (PSDA); (2) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA dengan model CIRC; dan (3) peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi PSDA melalui penerapan model CIRC. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini direncanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Sekadau, Pontianak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan membandingkan perolehan nilai persentase aktivitas belajar pada siklus I dan II. Hasil penelitian disimpulkan: (1) Penerapan model pembelajaran CIRC tergolong baik; (2) Aktivitas belajar siswa tergolong aktif (aktivitas fisik siklus I 51,75% dan siklus II 83,33%; aktivitas mental siklus I 44,07% dan siklus II 75,65%; aktivitas emosional siklus I 51,66% dan siklus II 84,20%); dan (3) Model CIRC dapat meningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar geografi

 

Kata kunci: model CIRC, geografi, pemanfaatan sumber daya alam.

Full Text:

PDF

References

Arikunto Suharsimi, (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ekawarna, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Huda Miftahul.(2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya Wina.(2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Ja¬karta: Kencana.

Slavin.(2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Sukardi.(2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mudawati, Sri.(2008). Thesis., Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis (CIRC) pada Pokok Ba-hasan Lingkungan Hidup dan Pelestariannya di Kelas VIII MTs Negeri Gandusari Blitar. Thesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yousda Ine I Amirman & Arifin Zainal,(2003). Penelitian dan Statistik Pendidikan. Ja-karta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.