PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PRAKTIKUM KIMIA FISIKA

Krisna Merdekawati

Abstract

: Penilaian capaian mata kuliah praktikum seringkali  berupa tes tertulis. Sistem penilaian dipandang memberikan andil pada rendahnya keterampilan laboratoris mahasiswa. Tes tertulis  menyebabkan mahasiswa tidak tertantang untuk memiliki keterampilan laboratoris. Capaian mahasiswa pada Praktikum Kimia Fisika cenderung lebih rendah dibandingkan dengan praktikum yang lain. Penilaian unjuk kerja diharapkan dapat memberikan dampak positif pada capaian mahasiswa, terutama pada aspek keterampilan laboratoris.  Tujuan penelitian ini untuk pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja Praktikum Kimia Fisika. Model pengembangan yang digunakan adalah model analysis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Hasil penelitian disimpulkan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja Praktikum Kimia Fisika dapat dikembangkan sesuai tahapan model ADDIE. Instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan dalam mata kuliah Praktikum Kimia Fisika.

 

Kata kunci: instrumen penilaian, penilaian unjuk kerja, praktikum kimia

Full Text:

PDF

References

Adeyemo, Sunday A. (2010). The need for skill development/acquisition in science, tech-nology and mathematics education (STEME) in Nigeria, J.Sci. Technol. Educ. Res. Vol 1(1), pp.1-9.

Arikunto, Suharsimi.( 2004). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Arkun, Selay & Akkoyunlu ,Buket.(2008). A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment, IEMJournal, 1-19.

Hammond, Linda Darling.(2010). Beyond Basic Skills: The Role of Performance As¬sess-ment in Achieving 21st Century Standards of Learning, Scope, Stanford Uni¬versity.

Jihad, Asep dan Haris ,Abdul.(2008). Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogya-karta.

McColskey, Wendy and O’Sullivan, Rita.(2000) How to Assess Student Performance in Science: Going Beyond Multiple-Choice Tests,SERVE, U.S. Deparment of Educa-tion.

Mutvei, Ann and Mattsson .Jan-Eric.(2015). Big Ideas in Science Education in Teacher Training Program, Procedia- Social and Behavioral Sciences 167, 190-197.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Susilaningsih, Endang.(2014). Instrumen Penilaian Praktikum Kimia dan Estimasi Reli-abilitasnya dengan Koefisien Generalisabilitas, Seminar Nasional Kimia dan Pen-didikan Kimia VI, Surakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.