PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS KOMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH SISWA KELAS V SLB B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V di SLB B. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini adalah 6 siswa tunarungu kelas 5 di SLB-B Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 93,33 > nilai rata-rata pretest sebesar 51,67 dan hasil analisis non-parametric diperoleh nilai Z = -2.232 dengan P = 0,026. Dengan demikian, hipotesis ”Ada pengaruh signifikan penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu” diterima kebenarannya. Ini berarti, penggunaan media grafis komik memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu di kelas V di SLB-B Karanganyar.
Kata kunci: media grafis komik, prestasi belajar IPA, anak tunarungu
Full Text:
PDFReferences
Arshad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Avriliyanti, Herlina. (2012). Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakar-ta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Masdiono, Toni (1998). Empat Belas Jurus Membuat Komik Jakarta: Creative Media Jakarta.
Riska Dwi Novianti dan M Syaichudin. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10, No.01: 7485.
Sadja’ah, Edja. (2013). Bina Bicara, Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Refika Aditama.
Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Kencana Premada Media group.
Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: CV. Alfabeta, 2013.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman Samatowa. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.