PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Romadhoni Setyo Nugroho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kelompok Peer Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Akademik 2016/2017, 3) Pengaruh Kompetensi Guru dan Kelompok Peer Terhadap Prestasi Correspondence Siswa Kelas X Ad­ministrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex - post facto dengan pendekatan kuantitatif. 5%. 2) Memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Peer Group terhadap  Correspondence Achievement sebesar = 0,425; = 0,171; tcount 4,300; ttable 1, 99; t hitung 4.300; ttabel 1, 99 dengan signifikan 5%. 3) Memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru dan Peer Group terhadap Correspondence Achievement sebesar = 0,486; = 0,218; Fcount 12,849  Jumlah 12.849; Fta­bel 3,11, dengan signifikan 5%.

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kelompok Peer, Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cubukcu, Feryal. (2010). Student Teachers’ Perceptions Of Teacher Competence And Their Attributions For Success And Failure In Learning. Journal of International Social Research,

Umar Tirtarahardja, La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Yudha, Redi Indra & Idris. (2013).” Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasarandi Kecamatan Jambi Selatan Kota

Jambi”. Jurnal. Padang: Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Temitope, B. E., & Christy, O. F. (2015). Influence of Peer Group on Academic Performance of Secondary School Students in Ekiti State, International Journal Of Innovative Research & Development, 4 (1), 324 – 331.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.