LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN IDENTIFIKASI MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL

Rubono Setiawan

Abstract

Persamaan Diferensial merupakan salah satu mata kuliah yang berisi banyak metode penyelesaian persamaan diferensial dengan langkah-langkah panjang, sehingga mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang kerap kali dianggap cukup berat oleh mahasiswa. Karena sifat persamaan diferensial merupakan mata kuliah yang mayoritas standar kompetensinya adalah dari segi praktis  menyelesaikan soal-soal persamaan diferensial, maka fokus utama permasalahan adalah model pembelajaran yang seperti apa yang tepat untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam identifikasi jenis jenis persamaan diferensial serta penguatan pemahaman dalam penggunaan metode  penyelesaian persamaan diferensial.  Dipilihlah model Lesson Study yang akan diterapkan pada mata kuliah ini. Data yang dikumpulkan adalah data uraian tentang tingkat keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan, mengerjakan lembar kerja individu dan kelompok serta mengerjakan tugas pekerjaan rumah, data tersebut didukung dari data dosen observer. Teknik analisis data dengan deskriptif  kualitatif, karena sebagian besar data berupa uraian deskriptif.Lesson Study dilaksanakan dengan 4 siklus dalam 4 kompetensi dasar. Dalam tiap siklus ada 3 tahapan yaitu Plan, Do dan See. Plan merupakan proses perencanaan pembelajaran dengan melibatkan dosen observe. Do merupakan tahapan perkuliahan dimana dalam hal ini satu pertemuan diadakan Open Lesson Study yang dihadiri dosen observer. See merupakan tahapan analisis dan refleksi hasil proses pembelajaran dan Open Lesson Study.Berdasarkan analisis dalam 4 siklus menunjukkan peningkatan dalam hal keaktifan dan proses pembelajaran dan mengerjakan lembar kerja pribadi, kelompok dan tugas rumah. Hal tersebut juga sejalan dengan hasil capaian prestasi mahasiswa yang semakin meningkat satu siklus ke siklus lainnya dan telah melebihi target capaian prestasi yang diinginkan. Dalam Lesson Study ini lebih ditekankan pada praktek mengerjakan soal soal Persamaan Diferensial.

 

Kata Kunci : Lesson Study, Persamaan Diferensial, Plan, Do, See

Herawaty, S.,H. Chotimah, R. Joharmawan, dkk., (2010). Lesson Study Berbasis Sekolah.Bayumedia. Malang.


Lewis, Catherine C, 2002, Lesson Study :A Handbook of Teacher-LedInstructional Change,Philadelphia, PA : researchfor better Schools,Inc

NCTM, 2000. Pembelajaran Berstandart National Council Tesching Matematics,Erlangga, Jakarta.

Saparwadi, Lalu.(2015).Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral Melalui Kegiatan Lesson Study di Program Studi Pendidikan Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika.(9)1.34-49

Sujadi, I. (2011). Penerapan Blended Learning pada Perkuliahan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS 2011.

Widhiartha, Ashintya Putu dkk. (2008). Lesson Study: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Nonformal. Surabaya: Prima Printing Surabaya

Full Text:

PDF

References

Hariyono, Rudi.--.Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Lesson Study http://bdksurabaya.kemenag.go.id/file/dokumen/BAHANAJARLESSONSTUDY.pdf

Widjajanti, Djamilah B., 2011. Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PPM-PBL-%2010%20Maret%202011-Djamilah.pdf

Sujadi, Imam. 2011. Penerapan Blended Learning pada Perkuliahan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.