PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN GAYA BELAJAR

Soebiyanto Soebiyanto, Mohammad Masykuri, ashadi ashadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT), kemampuan awal, gaya belajar dan interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah mahasiswa D-3 dan D-4 jurusan analis kesehatan tahun akademik 2012/2013 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta. Sampel diperoleh melalui random sampling. Eksperimen dilakukan pada mahasiswa D-3 jurusan Analis Kesehatan menggunakan model STAD, mahasiswa D-4 jurusan Analis Kesehatan menggunakan model TGT, dan campuran kelas D-3 dan D-4 jurusan Analis Kesehatan sebagai kelas uji coba dengan identifikasi dan penyimpanan bahan kimia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model STAD dan TGT terhadap nilai kognitif (sig.=0,000),tetapi tidak pada nilai afektif (sg.=0,103), (2) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dengan nilai belajar mahasiswa, (3) ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap nilai belajar kognitif (sig.=0,017), tetapi tidak pada nilai afektif mahasiswa (sig.=0,795), (4) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal terhadap nilai belajar mahasiswa, (5) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal terhadap nilai belajar mahasiswa, (6) ada interaksi yang signifikan antara kemampuan awal dengan gaya belajar terhadap nilai belajar kognitif (sig.=0,000) tetapi tidak pada nilai afektif mahasiswa (0,057), (7) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model STAD dan TGT dengan kemampuan awal dan gaya belajar terhadap nilai belajar mahasiswa.

Keywords

Student Teams Achievement Division (STAD); Team Games Tournament (TGT); kemampuan awal; gaya belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Ajaja, O. Patrick, Ochuko Urhievwejire Eravwoke, 2010,

Electronic Journal of Science Education, 14(1).

Trianto, 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Profresif, Kencara Prenada Media Group, Jakarta

Wang, Tzu-Pu, 2009, The Journal of Human Resource and Adult Learning, 5 (1).

Khan, Gul Nazir, 201, Effect of Student’s Team Achievement

Division (STAD) on Academic Achievement of Students, Institute of Education & Research, University of Peshawar, Pakistan

Prasetyo, Sugeng, 2012, The Usage Of Teams Games Tournamet Method In Teaching Vocabulary In

Elementary School E – Journal, English Department Teacher Training And Educational Science, Faculty Muhammadiyah University Of Purworejo.

De Poter, B. dan Hernacki, M., 2005, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Kaifa, Bandug, p.12.

Winkel, 1991. Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta, p.59,

Bloom, B.S., 1996, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.

Depdikbud, 1996, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Sudjana, Nana, 2008, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Arikunto, S., 2006, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Slavin, R.E, 2008. Cooperative Learning. Nusa Media, Bandung.

Sugiyanto, 2007, Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model – model Pembelajaran Inovatif, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13, Surakarta, p. 11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.