Transformasi Karakter Anak Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Tarian Tradisional: Pendekatan Bootstrap

Umi Mahmudah, Syifa Ulwiyah, Siti Fatimah, Abdul Hamid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas pelatihan tari tradisional terhadap pengembangan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal anak-anak di Pekalongan. Nilai-nilai kearifan lokal menjadi identitas suatu daerah. Nilai ini terkandung dalam banyak bidang, salah satunya tarian tradisional yang dapat membentuk karakter anak yang ramah terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method dengan menitikberatkan pada pendekatan kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan pendekatan bootstrap pada paired sample t-test untuk memberikan hasil yang lebih akurat. Sedangkan hasil kualitatif berdasarkan observasi dan wawancara. Sebanyak 30 anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama mengikuti pelatihan tari tradisional. Pelatihan dipimpin oleh seorang instruktur tari. Ada empat tarian tradisional yang dikenalkan, yaitu tari ampar-ampar pisang, tari cublak-cublak suweng, tari manuk dadali, dan tari payung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, peserta berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran nilai budaya lokal. Hasil ini dibuktikan dengan analisis bootstrap yaitu menghasilkan nilai p-value 0,00. Diantara karakter berbasis kearifan lokal yang terbentuk adalah kejujuran, tidak menuruti hawa nafsu, peduli, suka menolong, kegotongroyongan, rasa nasionalisme dan kebangsaan, toleransi, kesiapan, kehati-hatian, dan kewaspadaan. Implikasinya, praktek tarian tradisional pada anak dapat dijadikan sebagai alternatif strategi untuk membentuk karakter anak-anak yang mencintai budaya lokal yang ada di masyarakat.

Keywords

kearifan lokal, tari tradisional, karakter

References

Ahmad, M., Muniroh, S. M., & Mahmudah, U. (2021). Preserving Local Values in Indonesia: Muslim Student, Moderate Religious, and Local Wisdom. Islamic Studies Journal for Social Transformation, 59–76.

Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Jurnal Ilmu Budaya, 7(2), 188–192.

Ashar, E. R. (2017). Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Anak Usia TK. QAWWAM, 11(2), 121–132.

Budiman, A., & Karyati, D. (2021). Membentuk Karakter Kreatif: Bergerak Melalui Stimulus Permainan Tradisional. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–11.

Chernick, M. R., & LaBudde, R. A. (2014). An introduction to bootstrap methods with applications to R. John Wiley & Sons.

Creswell, J. W., & Creswell, D. J. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United Kingdom, UK. SAGE Publications, Inc.

Eck, D. J. (2018). Bootstrapping for multivariate linear regression models. Statistics & Probability Letters, 134, 141–149. https://doi.org/10.1016/j.spl.2017.11.001

Fadilah, N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional dalam Membentuk Karakter pada Siswa Kelas Tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 15–28.

Ihsan, B. (2019). Peran Pembelajaran Budaya Lokal Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1–8.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Analisis Kearifan Lokal Ditinjau dari Keragaman Budaya. Kemendikbud RI.

Mahmudah, S. R. (2019). Cultivating the spirit of nationalism through the song ‘Manuk Dadali.’ In 21st Century Innovation in Music Education (pp. 266–270). Routledge.

Mahmudah, U. (2020). Metode Statistika: Step by Step. Penerbit NEM.

Mahmudah, U., & Fatimah, S. (2021). Bootstrap Approach for Analyzing the Influence of Interpersonal Communication Skills on Science Performances. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 8(1), 137–148. https://doi.org/10.23918/ijsses.v8i1p137.

Meidikayanti, W., & Wahyuni, C. U. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup Diabetes melitus tipe 2 di puskesmas pademawu. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(2), 240–252.

Mustakim, Z., Chamdani, M., & Mahmudah, U. (2019). Comparison of efficiency school performance between natural and social sciences: a bootstrapping data envelopment analysis. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 281–291. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.22837

Nisrina, H., Agustin, D. S. R., & Mahmudah, U. (2021). Etnomatematika: Analisis Problem Solving Pada Mata Kuliah Program Linier Berbasis Kearifan Lokal. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 72–80.

Opsantini, R. D. (2014). Nilai-Nilai Islami dalam Pertunjukan Tari Sufi pada Grup “Kesenian Sufi Multikultur” Kota Pekalongan. Jurnal Seni Tari, 3(1).

Restian, A. (2016). Pelatihan Guru Seni Tari Tradisional SD Muhammadiyah 8 Dau Malang. Research Report, 315–321.

Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127.

Retnoningsih, D. A. (2017). Eksistensi Konsep Seni Tari Tradisional Terhadap Pebentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 20–29.

Riyaningsih, E., Maryono, M., & Harini, H. (2018). Establishment of learners’ character through learning traditional dance in senior high school. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 18(1), 13–27.

Rosala, D. (2017). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16–25.

Setiowati, S. P. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172–177.

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345.

Watagoda, P. L. C. R., & Olive, D. J. (2019). Bootstrapping multiple linear regression after variable selection. Statistical Papers, 1–20. https://doi.org/10.1007/s00362-019-01108-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.