Pengembangan Cerita Pendek Menggunakan Media Gambar Grafis untuk Siswa SD

Eva Oktaviana, Syamzah Ayuningrum

Abstract

Membaca merupaka kegiatan yang penting untuk kemajuan bangsa. Diketahui dalam PIRLS di tahun 2011 International Results in Reading, Negara Indonesia Menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor 428 dari skor rata-rata 500 (IEA,2012). Sementara, uji membaca pada PISA di 2009 menunjukkan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-57 skor 396 (nilai rata-rata OECD 493).Tujuan dari penelitian ini adalah yaitu mengembangkann cerita pendek melalui media gambar garafis untuk meningkatkan minat baca siswa. Metodologi penelitian yang digunakan berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket/ kuesioner respon siswa. Sedangkan pemerolehan data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara dan data komentar dari para validator baik ahli materi maupun ahli media. Hasil dari penelitian ini yaitu book chapter dengan menghasilkan cerpen yang bertemakan pendidikan karakter dengan judul Kumpulan Cerpen Pendidikan Membangun Karakter Anaka Bangsa. Isi cerita pendek ini disesuaikan dengan kurikulum 2013 dimana menggambarkan kehidupan sehari-hari siswa dengan nilai moral yang diambil seperti menjadikan pribadi siswa yang nasionalis, integritas, mandiri, gotong royong, dan religius. Semoga dengan terciptanya cerpen menggunakan media gambar grafis ini dapat meningkatkan daya tarik siswa untuk membaca.

Keywords

Cerita Pendek, Media Gambar Grafis, Minat Baca

Full Text:

PDF

References

Faizah, Dewi Utama, Sufyadi, Susanti, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fathurrohman, Muhammad dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Nafiah, Siti Anisatun. 2018. Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mascita, Dede Endang. 2019. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) berbasis budaya dengan media gambar grafis dalam membaca pemahaman siswa SD Kelas IV di Kecamatan Sumber Jaya. Tuturan: Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana. Vol. 3, No.1. ISSN 2089-2616.

http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/811

Mayer. Richard E. 2009. Multimedia Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulfemi, Wahyu Bagja & Luthfianti, Teti. 2019. Asosiatif Layanan Tenaga Perpustakaan Sekolah dengan Motivasi Membaca Siswa di Kabupaten Bogor. Edutecno: Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan. V 19. No.1. Tahun 2019.ISSN2302-2825.

http://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8450.html

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arif S, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Rachmawati,U.(2018). Reading interest of senior high school students:A case study. Journal of Laungages and Language Teaching, 6(1), 17. http://doi.org/-10.33394/joullt.v6i1.809

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:Bumi Aksara Riduwan, 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV ALFABETA

Widoyoko, Putri Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Widodo, Arif., Indraswati, Dyah., Erfan, Muhammad., Maulydia, Mohammad Archi., Rahmath, Aisa Nikmah. (2020).Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. V 10(1) 34-48. https://core.ac.uk/download/pdf/327261617.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.