Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Jumputrejo Melalui Metode Blanded Lerning dengan Aplikasi Whatsapp

Machfud Machfud

Abstract

Abstract
Evaluation of learning outcomes turns out to be quite disappointing. There are 23 out of 28 students or 78.5% failed the mastery learning. To overcome these problems, the teacher tries to use the blended learning method with the WhatsApp group application. The research aims to describe the application of the blended learning method with the WhatsApp application. It uses an action research model carried out at SDN Jumputrejo in second semester in the academic year 2016/2017 in mathematics subject of matter fractions. The results shows that the use of blended learning with WhatsApp group application increases student learning outcomes from 36% in the pre-cycle to 57.14% in first cycle and 85.7% in second cycle. The use of the blended learning method with WhatsApp group application also allows students to study and discuss longer without being bound by time and space
Keywords: mathematics learning outcomes, blended learning

Abstrak
Evaluasi hasil belajar ternyata hasilnya cukup mengecewakan, ada 23 siswa dari 28 siswa belumtuntas belajar atau 78,5% siswa belum tuntas belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru mencoba untuk menggunakan metode blended learning dengan aplikasi whatsapp group. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode blanded learning dengan aplikasi whatsapp. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dilaksanakan di SDN Jumputrejo pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa penggunaan blended learning dengan aplikasi whatsapp group dapat meningkatkan hasil belajar siswadari 36% pada pra siklus menjadi 57,14% pada siklus 1 dan 85,7% pada siklus 2. Penggunaan metode blended learning dengan aplikasi whatsapp group juga memungkinkan siswa untuk belajar dan berdiskusi lebih lama tanpa terikat ruang dan waktu
Kata Kunci : hasil belajar matematika, blended learning

Keywords

Hasil Belajar Matematika, Blended Learning

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Hartoyo. Dasar-dasar. 2000. Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

http://orangecharterschool.org/the-future -of-learning-has-arrived-at-ocs/

Prayitno, W. (2015). Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan, 6(01).

Thorne, Kaye. 2003. Blended Learning: How to integrate online &traditional learning. London: Kagan Page Limited.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.