Implementasi Torso Interaktif Bersuara (TOBI) Berbasis STEM pada Pembelajaran IPAS di MIN Kudus

Faza Dzulfikar Efendi, Eva Luthfi Fakhru Ahsani

Abstract

Kurangnya pemahaman peserta didik MIN Kudus terhadap pembelajaran IPAS sistem pencernaan manusia dikarenakan media yang digunakan belum mampu menampilkan gambaran secara konkret dan mendetail. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Torso Interaktif Bersuara (TOBI) berbasis STEM pada pembelajaran IPAS Di MIN Kudus disertai dengan respon guru dan peserta didik. Penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang akan dijalankan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Torso Interaktif Bersuara (TOBI) berbasis STEM pada pembelaran IPAS di MIN Kudus dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait materi sistem pencernaan manusia. Hal ini terbukti pada aktivitas guru dengan persentase 91% kategori sangat baik dan peserta didik dengan persentase  75% dengan kategori baik. Sementara hasil respon guru dan peserta didik terhadap desain, relevansi, perhatian, kepuasan, dan percaya diri  mendapatkan persentase 85% dan 81% termasuk dalam kategori sangat baik.

The lack of understanding of MIN Kudus students towards learning the human digestive system IPAS is due to the media used that has not been able to display a concrete and detailed picture. The purpose of this study is to describe the implementation of STEM-based Voiced Interactive Torso (TOBI) in IPAS learning at MIN Kudus along with the responses of teachers and students. This research is classified as descriptive qualitative with the type of field research. Data were obtained through observation, questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of STEM-based Voiced Interactive Torso (TOBI) in IPAS learning at MIN Kudus can improve students' understanding of human digestive system material. This is evident in the activities of teachers with a percentage of 91% in the very good category and students with a percentage of 75% in the good category. While the results of teacher and learner responses to design, relevance, attention, satisfaction, and confidence get a percentage of 85% and 81% included in the very good category.

Keywords

TOBI, STEM, Pembelajaran IPAS, Pemahaman Peserta Didik

Full Text:

PDF

References

Ahsan, E. L. F., & Nurhaliza, Y. A. (2021). Penerapan pembelajaran STEAM untuk mengebangkan kreatifitas sekolah di daerah terluat terdepan tertinggal indonesia. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 91–100.

Gusti Ayu Made Mia Arisandhi, I Made Citra Wibawa, & Kadek Yudiana. (2023). Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 165–174. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034

Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). Pembelajaran berbasis STEM melalui Media Robotika untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). ICIE: International Conference on Islamic Education, 1(1), 83–96.

Hasnawiyah, & Maslena. (2024). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Indriani, N. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Media “Paris” Papan Bergaris Siswa Kelas 2 SD Negeri Pucangro 2 Gudo. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 220–230. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.446

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. 16 (2007).

Kusumawardhani, M. L., Prihandono, T., & Anggraeni, F. K. A. (2022). Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Media Video Animasi Menggunakan Sparkol Videoscribe Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 11. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30401

Mohune, M. N., & Rahmat, A. (2021). Using Torso Media To Improve Student ’ S Understanding Of Human Body Organ ’ S Structure And Functions In Class 4 Sdn 21 Pulubala , Gorontalo Regency. 2(11), 103–106.

Mustari, N. A., Nasaruddin, & Hotimah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Visual , Auditori , Kinestetik ( VAK ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Sumber Energi Kelas IV SD Negeri No . 136 La ’ nyara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Science and Technology, 136, 1–13.

Nadhifah, A., Marsuki, M. F., & Herunata, H. (2022). Development of E-Torso Media Based on Android Application of Movement System Materials on Human Body for Grade VIII Students of Junior High School. AIP Conference Proceedings, 2600(December). https://doi.org/10.1063/5.0112194

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pagarra H & Syawaludin, D. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan. Biodik, 10(2), 238–248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022

Riyanto, Fauzi, R., Syah, I. M., & Muslim, U. B. (2021). Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Savitri, D. (2024). Mendikdasmen: Prabowo Concern STEM, Dikaji Diajarkan Awal SD. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7602435/mendikdasmen-prabowo-concern-stem-dikaji-diajarkan-awal-sd

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). CV Alfabeta.

Suryadin, I Wayan Merta, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (Vak)Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Pijar Mipa, 12(1), 19–24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.