IMPLEMENTASI AQIDAH TAUHID DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW DAN STAD DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implentasi pembelajaran IPA Fisika
dengan metode kooperatuf Jigsaw dan STAD, motivasi belajar dan karakter siswa terhadap prestasi
belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel
penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas. Uji hipotesis
penelitian menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh implementasi aqidah tauhid dalam pembelajaran IPA Fisika
dengan metode kooperatif Jigsaw dan STAD terhadap prestasi belajar kognitif siswa, metode Jigsaw
lebih baik daripada metode STAD; (2) ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap
prestasi belajar kognitif siswa, motivasi tinggi lebih baik daripada motivasi rendah; (3) ada pengaruh
karakter siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa, karakter tinggi lebih baik
daripada karakter rendah; (4) ada interaksi antara metode kooperatif Jigsaw dan STAD dengan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (5) tidak ada interaksi antara metode
kooperatif Jigsaw dan STAD dengan karakter siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (6) tidak
ada interaksi motivasi belajar dengan karakter siswa terhadap prestasi belajar kognitif siswa; (7) tidak
ada interaksi antara metode kooperatif Jigsaw dan STAD, motivasi belajar dan karakter siswa
terhadap prestasi belajar kognitif siswa.
Kata kunci: Aqidah Tauhid, Gaya, Hukum Newton, Jigsaw, STAD (Student Team Achievement Division),
Motivasi Belajar, Karakter Siswa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.